TUTORIAL REGLUE SEPATU

tutorial reglue sepatu

Sepatu lemnya copot tapi masih bagus? Mau dijahit sol tapi sayang? Ini ada tips reglue gan! Tutorial reglue sepatu ini saya dapat dari group facebook DAILY VANS INDONESIA yang diposting oleh mas Ken Patra.

Reglue disini mengelem ulang atau menyatukan kembali upper (atas sepatu) dengan midsole/outsole. Pertama, lihat kelayakan sepatu yang akan direglue. Sudah parah atau belum, Apakah solnya masih bagus atau masih layak untuk diperbaiki. Pada beberapa kasus sepatu dengan sol yang sudah “kering” dan pecah sangat susah bahkan tidak mungkin diperbaiki selain mengganti solnya. Jadi jangan memaksakan yaa. Kalau sudah terlalu parah sebaiknya bawa ke shoe care atau artisan treatment sepatu yang berpengalaman.

DISCLAIMER : DO WITH YOUR OWN RISK!

Persiapan alat dan bahan :

  • Aceton / aseton atau penghilang kutek, bisa dibeli di apotik atau toko aksesoris perempuan.
  • Kapas
  • contact Adhesive / lem adhesive, kalau ada yang bening / clear adhesive lebih baik soalnya lebih tidak terlihat bila belepotan.
  • Heat gun, bisa pakai hairdryer namun tidak maksimal. Opsional namun hasilnya bisa signifikan.
  • Amplas / mini grinder
  • Kopi dan kesabaran.

kondisi sepatu

TUTORIAL REGLUE SEPATU

alat dan bahan

TUTORIAL REGLUE SEPATU

lebarkan area sepatu yang akan direglue

pelebaran area reglue TUTORIAL REGLUE SEPATU

Pertama lebrakan area yang akan di lem, bisa dengan heatgun (hati hati dan harus tetap digoyang heatgunnya agar tidak terfokus di satu titik) atau dengan aceton juga bisa. Kenapa harus dilebarkan? Tentunya untuk mempermudah proses pengeleman serta lem lama cepat atau lambat akan terlepas. Tapi jangan terlalu lebar, secukupnya saja.
Hati – hati untuk bahan suede, nubbuck, atau printed canvas.

bersihkan sisa lem

pengamplasan TUTORIAL REGLUE SEPATU

Bersihkan sisa lem, dengan aceton dan kapas serta mini grinder atau amplas. Hati – hati selalu perhatikan media yang diamplas dan sekitarnya. Setelah di amplas akan terlihat hasil seperti dibawah ini, makin kasar makin baik. Tapi jangan sampe terlalu mengikis ya. Permukaan yang kasar memberikan daya kontak yang baik untuk lem nantinyea.

hasil amplas

lem adhesive

lem adhesive

Siapkan lem adhesive/adhesive contact. JANGAN GUNAKAN SUPER GLUE/LEM G/ALTECO atau semacamnya karena akan semakin merusak sepatu. Oleskan lem merata dan tipis saja, bisa menggunakan stick eskrim atau alat bawaan lem adhesive bisanya disediakan, bisa juga dengan kuas kecil.

pengolesan lem

Diamkan lem kurang lebih 30-45 menit, jangan sampai menmpel dalam kurun waktu tersebut.

hasil pengolesan lem

penempelan bagian

penempelan

Panaskan midsole dengan heatgun dari luar, agar karet lentur. Jangan terlalu panas, hanya sampai agak melunak saja. Lalu rapatkan lem tersebut sambil dipijat.

Jepit dengan penjepit kertas lebih baik jika dilapisi dengan kertas terlebih dahulu.
Opsional bisa dimasukan dalam freezer selama 15-30 menit(jangan lupa bungkus dengan plastik/kresek) lalu diamkan selama semalam.

press dengan dijepit

Sekian tutorial reglue atau lem ulang sepatu.
Tips ini saya dapat dari mas KEN PATRA di group facebook.
Semoga membantu teman semua.

Translate »