Perbedaan Vans Old Skool Japan Market dan Global Market

vans old skool bw japan market di Perbedaan Vans Old Skool Japan Market dan Global Market

Bagai pinang dibelah dua, peribahasa ini mungkin sedikit menggambarkan tentang kedua sepatu rilisan vans ini, vans old skool merupakan hasil karya Paul Van Doren yang mulai beredar pada tahun 1977. Secara basic sepatu Vans mayoritas memang diperuntukan untuk skate ataupun BMX, namun karena shape serta modelnya yang bagus dipadu padankan dengan outfit fashion apapun, membuat sepatu model ini laris manis di pasaran dan digandrungi oleh banyak kalangan. Faktanya sepatu ini merupakan model yang paling popular dan menonjol dalam lini sepatu Vans. Namun karena popularitasnya dan bentuknya yang long lasting, banyak pihak yang membajak atau memalsukan model ini, tapi kita tidak membahas itu karena disini kita akan membeberkan Perbedaan Vans Old Skool Japan Market dan Global Market.

Sepatu Vans sendiri pemasarannya sudah hamper keseluruh belahan dunia, tapi tahukah kalian kalau ada negara yang mempunyai ekslusifitas pemasaran sepatu ini? Yaitu Jepang.

Japan Market Hanya dijual di Jepang

Seri Japan Market sebenarnya merupakan seri yang cukup eksklusif, karena seri ini hanya dirilis dan dijual resmi di Jepang, dengan kata lain sebenarnya seri ni tidak ada penjual resminya untuk diluar negara Jepang, termasuk Indonesia. Sementara untuk Global release merupakan rilisan yang dibuat dan dijual untuk semua negara dan dapat ditemui dengan mudah. Sebagai tambahan Vans Japan Market hanya marketnya saja di Jepang, tetapi untuk pembuatannya bukan di Jepang.

vans outfit look book

Bentuk Khas pada Japan Market

Seri Japan Market mengadopsi shape vintage yang merupakan desain awal dari Vans Old Skool itu sendiri, cirinya jika disandingkan tinggi secara keseluruhan sepatunya akan sedikit lebih rendah daripada seri Global Rilis. Sementara seri Global Rilis memiliki shape yang lebih sexy dan kekininian untuk dilihat mata telanjang.

Jahitan atau Stitching yang Berbeda

Tentu saja kualitas jahitan dari sepatu Vans merupakan salah satu yang terbaik dikelasnya. Namun, kenyataanya Vans Japan Rilis memiliki kualitas yang sedikit lebih rendah bila dibandingkan dengan saudara kembarnya. Ada satu bagian jahitan dibawah Jazz Stripe yang juga cukup membedakan kedua seri ini, seri Japan market memiliki jahitan yang cenderung lurus saja dari depan hingga bekang dengan sedikit lengkungan tanpa sudut, sementara pada seri Global Rilis terdapat jahitan yang membentuk sudut dan lebih melengkung dibagian belakang jahitan.

Heelpad yang Terlihat lebih Tebal

Untuk kalian yang belum tahu, Heel Patch merupakan gabian tag berwarna merah pada tumit yang ada dikedua seri sepatu ini. Perbedaan di bagian ini, untuk seri Japan Market ukuranya lebih besar dan tebal jika dibandingkan dengan seri Global Rilis.

Jazz Stripe

Jazz Stripe merupakaan list putih dibagian luar kedua sepatu ini, Jazz Stripe juga merupakan ciri khas dari kebanyakan sepatu Vans, yang tidak dimiliki oleh sepatu dengan merk lain. Pada seri Japan Market, list ini memiliki ukurang yang lebih gendut sementara diseri Global Rilis menggunakan list yang cenderung lebih tipis.

Insole dengan Ultracush

Insole adalah bagian dalam sepatu yang meghadap keatas, yang apabila kita pakai, bagian itu yang akan bersentuhan langsung dengan telapak kaki kita. Dibagian ini, seri Japan Market menggunakan varian UltraCrush yang secara umum lebih empuk daripada seri Global Rilisnya. UltraCrush insole juga digunakanumtuk seri Pro pada sepatu Vans yang lain, perbedaanya adalah untuk kedua seri ini, bagian insole tidak dapay dilepas dari sepatu, sementara untuk seri Pro, insole dapat dengan mudah dilepas dan dipasang.

Waffle dengan Kode Khusus

Perbedaan cukup signifakan terlihat pada Waffle kedua seri ini, untuk seri Japan Market, code waffle yang digunakan adalah huruf R yang diletakkan pada bagian belakang mendekati HeelPatch, sementara seri Global Rilis menggunakan code yang beragam diantaranya EVB, HF, GSI, PA, IFC dan lain lain. Perlu diingat code waffle pada Vans tidak pernah berimplikasi langsung dengan keaslian dari sepatu tersebut, melainkan code waffle hanya merupakan penanda dimana sepatu tersebut diproduksi.

Sizing.

Tag Size bulat (tanpa half) pada seri Japan Market berwarna dasar putih, sementara untuk hafsize menggunakan warna dasar hitam. Sementara itu untuk seri Global Rilis semuanya menggunakan warna dasar putih. penomoran yang dipakai pun sedikit berbeda, half size pada seri Japan Market menggunakan imbuhan H. Sebagai contoh, Size 9,5 ditulis dengan “9H” pada seri Japan Market, sementara pada seri Global Rilis ditulis “9,5”.

Kurang lebih seperti itu perbedaan antara Vans Old Skool Japan Market dan Global Market. Untuk patokan originalitasnya silahkan cek legit di group Cek Legit Vans. Dan hati – hati jika ada seller mengatakan ada Ori Navya, Ori global, dan Japan Market sebaiknya hindari atau langsung cek legit sepatunya di forum.

Translate »